Kategori
WordPress

Jenis-jenis website bisnis yang dapat dibuat menggunakan WordPress

Kali ini saya akan membahas tentang “Jenis-jenis website bisnis yang dapat dibuat menggunakan WordPress“. Dalam era serba digital ini, mulai banyak pebisnis yang “Go Online” dalam memasarkan produk atau jasa yang mereka jual. Maksudnya gimana sih? Jadi begini, Go Online merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk menyebarkan,membangun atau mengembangkan bisnis yang dimiliki melalui dunia digital (internet). Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan membuat website untuk menjual produk atau jasa milik kita. —Bill Gates— mengatakan jika bisnismu belum ‘Go Online’, maka siap-siap akan kehancurannya.

Lalu apa keuntungan yang didapat jika kita membangun website untuk bisnis yang kita miliki? Jadi jika kita membangun website untuk bisnis yang kita miliki akan berdampak signifikan terhadap traffic atau jangkauan pemasaran yang lebih luas bahkan bisa sampai go Internasional. Selain itu di era saat ini masyarakat cenderung lebih memilih berbelanja di toko online dikarenakan lebih simple dan praktis tanpa harus pergi ke toko.

Platform website yang banyak dikenal

Dalam gambar diagram dibawah ini menunjukan apa saja platform yang biasa digunakan dalam membuat website perusahaan atau bisnis.

Diagram tersebut menunjukkan bahwa WordPress menjadi platform yang paling banyak digunakan dalam membuat website perusahaan atau bisnis. Alasannya karena mudah dalam penggunaan dan fitur-fitur yang diberikan cukup lengkap.

Sebelumnya saya telah mengelompokkan tipe atau jenis website bisnis yang dapat dibuat menggunakan platform WordPress, kemudian saya tulis dalam artikel dibawah ini :

1. Online Shop (Toko Online)

Apa Sih online shop? Online shop merupakan suatu toko konvensional yang diterapkan atau dipindahkan dalam media online namun dibuat lebih praktis dan simple agar lebih menarik.

Dalam online shop diperlukan fitur seperti dibawah ini :

  • Display Produk beserta deskripsi dan keterangan harga
  • Promo-promo
  • Kemudahan transaksi
  • Customer Service
  • Wishlist
  • Check out
  • Membership

Fitur yang saya sebutkan diatas merupakan fitur yang harus dimiliki dalam website online shop.

2. Company Website

Dalam website ini menunjukan identitas atau layanan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang dijelaskan secara singkat dan jelas. Website ini dibuat menarik dan simple, selain itu fitur yang dipakai tidak terlalu banyak, sehingga dapat diakses secara cepat oleh pengguna.

Dalam company website diperlukan fitur seperti dibawah ini :

  • Profil Manajemen
  • Tentang Perusahaan
  • Sejarah
  • Kontak
  • Produk atau Jasa

3. Landing Page

Landing page merupakan website satu halaman, sehingga jauh berbeda dengan website lain yang memiliki banyak fitur dan navigasi. Website ini lebih mengutamakan kepraktisan dan penyampaian isi secara singkat tapi jelas.

Laman identitas, kontak, profil, layanan dibuat menjadi satu memanjang hingga bawah menjadi satu halaman. Landing page sangat cocok untuk memuat konten panjang suatu produk dengan detail yang spesifik. 

Dalam landing page biasanya hanya terdapat fitur pemesanan melalui WhatsApp ataupun melalui form pemesanan. Namun dalam dunia bisnis masih banyak yang memakai landing page menjadi laman utama dalam company website, blog, dan online shop.

4. Blog

Blog adalah website yang berisikan tulisan yang dipublikasikan agar dapat dilihat oleh banyak orang. Dalam dunia bisnis masih banyak yang menggunakan blog sebagai media pemasaran atau pengenalan produk/layanan. Kita disuguhkan tulisan atau gambar yang menjelaskan suatu produk yang dipasarkan. Tujuan blog ini adalah untuk memberikan informasi benefit produk dan insight-insight suatu produk.

Namun blog tidak selalu digunakan untuk menjual produk, tetapi juga digunakan sebagai portal berita yang juga berisikan spot iklan untuk memperoleh benefit. Blog juga merupakan suatu format layout Yang berisikan artikel,dengan judul dan gambar yang diikuti kutipan konten artikel. Seiring berkembangnya zaman pengunjung lebih menyukai blog berisikan artikel yang bervariasi.

Pengguna website sesuai kebutuhan

Diatas telah saya sebutkan dan jelaskan beberapa jenis website yang dapat digunakan dalam mempromosikan bisnis kita. Anda dapat memilih website sesuai kebutuhan, tentunya untuk memaksimalkan bisnis yang kita jalankan.

Sekian yang dapat saya sampaikan, terima kasih.

Oleh Fahmi Alfandi Afriyansah

Saya merupakan WordPress enthusiast, telah menekuni dunia digital lebih dari 2 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.